Wisata Naik KRL Rp. 16Ribu dari Bogor ke Merak

Biasanya kalau wisata ke pantai-pantai yang ada di Merak dan Anyer, sudah pasti naik kendaraan pribadi. Namun kali ini gue mencoba hal baru, yaitu naik KRL dan KA Lokal. Sebelumnya gue sudah pernah cobain naik KA Lokal ke Bandung. Jadi sudah lumayan familiar dengan KA Lokal ini. Memang durasi perjalannya akan sedikit lebih lama, tapi hanya dengan budget Rp. 16,000 saja, gue sudah bisa sampai di Merak dari Bogor.

cara naik KRL dari Bogor ke Merak

Jadwal Naik KRL dari Stasiun Bogor ke Stasiun Merak

Sebelum memutuskan untuk ke Merak dengan menggunakan KRL dan KA Lokal, hal yang pertama harus kalian lakukan adalah cek jadwal KRL dan KA Lokal terlebih dahulu. Kebetulan trip kali ini cukup mendadak, jadi gue berangkatnya agak kesiangan. Lebih baik jalan lebih pagi.

cara naik KRL dari Bogor ke Merak
merak beach hotel
merak beach hotel

Jadwal KRL bisa kalian cek di aplikasi C-Access, sudah bukan pakai KRL Access lagi ya. Sementara untuk cek jadwal dan pembelian tiket KA Lokal secara online bisa melalui KAI Access. Sebelum cek jadwal KRL, pastikan dulu jadwal keberangkatan KA Lokal, karena jadwalnya lebih terbatas. Sementara jadwal keberangkatan KRL kan jauh lebih banyak.

 

jadwal ka lokal rangkasbitung - merak

Berhubung gue berangkatnya agak kesiangan, jadi gue akan beritahu jadwal yang lebih ideal dari Stasiun Bogor ke Stasiun Merak untuk trip pulang-pergi di hari yang sama. Kalian akan transit dua kali, yang pertama di Stasiun Manggarai, dan yang kedua di Stasiun Tanah Abang.


Ada dua jadwal KA Lokal ideal yang bisa kalian ambil, yaitu pukul 07:35 dan 09:55 dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Merak. Nah, kalau gue kemarin ambil yang pukul 13:50, tiba di Stasiun Merak sudah pukul 15:35. Jadi hanya bisa main sebentar di pantai.

jadwal KA Lokal Rangkasbitung - Merak


Menurut gue, jadwal KA Lokal yang pas itu di pukul 09:55. Kereta akan tiba di Stasiun Merak pada pukul 11:40. Kalian punya waktu setengah hari main di pantai sampai sunset dan berangkat dai Bogor pun nggak terlalu pagi. Perhatikan langkahnya ya.


Stasiun Bogor → Stasiun Manggarai

Pertama naik commuter line (KRL) dari Stasiun Bogor dan turun di Stasiun Manggarai. Ambil jam keberangkatan paling lambat pukul 05:41 dan akan tiba di Stasiun Manggarai pada pukul 06:43. Kereta biasanya akan tiba di peron 11 atau 12 yang berada di lantai 3. Untuk pindah ke KRL yang melewati Stasiun Tanah Abang, harus turun ke lantai dasar.


Stasiun Manggarai → Stasiun Tanah Abang

Setelah turun ke lantai dasar, kalian bisa lanjut naik KRL jurusan Kampung Bandan/Angke/Duri, karena jurusan-jurusan ini adalah kereta yang melewati Stasiun Tanah Abang. Naiknya dari peron 1 atau 2. Naik KRL yang berangkat pukul 07:04 dan akan tiba di Stasiun Tanah Abang pada pukul 07:18.


Stasiun Tanah Abang → Stasiun Rangkasbitung

Setelah turun di Stasiun Tanah Abang, naik tangga untuk pindah ke peron 5-6. Kereta jurusan Rangkasbitung berada di peron 5 – 6. Jadwal keberangkatan terdekatnya ada di pukul 07:20 dan 07:30.

 

transit di stasiun rangkasbitung

KRL tujuan Rangkasbitung ini cepat penuh, jadi kalau dirasa kereta yang jadwal pukul 07:20 sudah terlanjur penuh, masih ada jadwal selanjutnya yaitu pukul 07:30. Sebenarnya ada lagi pukul 07:50 tapi nanti takutnya terlalu mepet dengan jadwal KA Lokal dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Merak. Apalagi kalian harus keluar stasiun dulu di Rangkasbitung nanti. Pasti akan memakan waktu.


Naik KA Lokal dari Stasiun Rangkasbitung ke Stasiun Merak

Jalur KRL hanya sampai Stasiun Rangkasbitung saja. Selanjutnya kalian akan pindah jalur ke KA Lokal di Stasiun Rangkasbitung. Setelah turun dari KRL, wajib keluar stasiun dulu untuk tap-out kartu pembayaran elektronik seperti KMT atau e-money/flazz/brizzi/tap cash.

cara transit di stasiun rangkasbitung
transit di stasiun rangkasbitung
transit di stasiun rangkasbitung
JADWAL KA LOKAL KE MERAK DARI RANGKASBITUNG
JADWAL KA LOKAL KE MERAK DARI RANGKASBITUNG

Pintu keluarnya ada di sebelah Alfa Express, belok kanan. Lalu ke luar dulu dari stasiun, kemudian masuk lagi ke pintu masuk khusus penumpang KA Lokal. Kalau kalian belum beli tiket KA Lokal, masih bisa beli di stasiun. Namun saran gue sih beli secara online saja supaya masih dapat nomer kursi.


Kalau sudah kehabisan kursi, kalian bakal berdiri selama 1,5 jam perjalanan. Kalau beruntung, bisa saja sih duduk di bangku random, tapi deg-degan tiap kali ada penumpang naik di stasiun berikutnya. :D

 

naik ka lokal dari stasiun rangkasbitung

Berhubung sudah beli tiket KA Lokal secara online, jadi hanya tingal scan barcode tiketnya saja yang ada di aplikasi KAI Access. Biasanya 30 menit – 1 jam sebelum keberangkatan, penumpang sudah bisa naik ke dalam kereta.


Jika kalian berangkat dari Stasiun Tanah Abang pada pukul 7:20, akan tiba di Stasiun Rangkasbitung pukul 09:07. Sementara kalau berangkat dari Stasiun Tanah Abang pukul 07:30, akan tiba di Stasiun Rangkasbitung pukul 09:22.

cara naik ka lokal dari rangkasbitung ke merak
cara naik krl dari bogor ke merak
cara naik krl dari bogor ke merak
harga tiket ka lokal rangkasbitung - merak
harga tiket ka lokal rangkasbitung - merak
harga tiket ka lokal rangkasbitung - merak
harga tiket ka lokal rangkasbitung - merak


Jadwal KA Lokal yang berangkat pukul 09:55 akan tiba di Merak pada pukul 11:40. Kereta berangkat dan tiba di Stasiun Merak tepat waktu. Jadi jangan sampai terlambat ya!

total biaya dari bogor ke merak naik krl
dari stasiun merak ke pulau merak kecil
stasiun merak
cara naik lokal di stasiun merak
angkot ke pulau merak kecil
jadwal kereta di stasiun merak


Total Durasi Tempuh & Biaya dari Stasiun Bogor ke Stasiun Merak

Dari simulasi jam keberangkatan di atas, dapat dihitung kurang lebih durasi yang harus ditempuh jika mulai naik KRL dari Stasiun Bogor dan berakhir di Stasiun Merak yaitu sekitar 6 jam. Lama banget ya! Kalau naik kendaraan pribadi hanya memakan waktu sekitar 2-3 jam saja. Tapi kan ada harga, ada rupa ya. :D


Total biaya yang gue keluarkan untuk trip kali ini hanya Rp. 99,500 sudah termasuk pengeluaran untuk jajan. Rinciannya adalah sebagai berikut:

rincian biaya trip naik krl dari bogor ke merak



Pilihan Wisata di Merak

Ada beberapa pilihan tempat yang bisa kalian kunjungi selama di Merak. Dari wisata ke pulau sampai ngopi sore di cafe pinggir pantai.


Pulau Merak Kecil

Nah, kalau kalian tiba di Stasiun Merak pada pukul 11:40, sebaiknya cobain menyebrang ke Pulau Merak Kecil. Bisa naik angkot dari depan gerbang Pelabuhan Merak. Biasanya sudah banyak angkot yang ngetem kok di area ini. Sopir angkotnya akan teriak, “Ayo, yang mau ke pulau kecil.”

 

pulau merak kecil

Selain itu, Bbsa juga pesan taksi online. Tarifnya kurang lebih Rp. 18,000 – Rp. 20,000. Jika perginya bareng teman 2-4 orang sih lebih baik pilih opsi ini saja.


Untuk penyebrangan ke Pulau Merak Kecil, bisa naik kapal nelayan dengan tarif Rp. 15,000 untuk rute pulang-pergi. Lama penyebrangannya pun hanya 5-10 menit. Dekat banget kok jaraknya.


Merak Beach Hotel

Ini lokasi yang gue kunjungi karena hanya punya waktu sebentar di Merak. Hotel ini punya kafe yang bisa dikunjungi walaupun tanpa menginap. Biaya masuknya Rp. 35,000 per orang. Jika mau ditambah dengan paket makan, jadi Rp. 45,000. Menu makanannya bisa dipilih sesuai dengan paket yang sudah disediakan. Gue dan teman-teman kompak memilih ayam geprek.

 

merak beach hotel
harga tiket masuk merak beach hotel
harga paket makan hotel merak beach
harga menginap hotel pantai merak
paket makan hotel merak beach
sunset di hotel merak beach

Sayangnya, kekurangan di hotel ini adalah kebersihan toilet dan musholanya. Fasilitas toiletnya seperti kurang diperhatikan. Di pantai ini kalian bisa mencoba watersport seperti banana boat dan doanut boat.


Tepian Cafe Merak

Kafe yang satu ini juga sudah viral di Tiktok. Tadinya gue hampir mengajak teman-teman ke kafe ini. Namun di kafe ini nggak ada pantainya, jadi langsung laut gitu. Sementara gue dan teman-teman sudah rindu main di pantai. Mungkin kalau ke Merak lagi, gue akan mampir ke kafe ini.



Tips One Day Trip ke Merak

  • Beli tiket KA Lokal di KAI Access beberapa hari sebelum hari keberangkatan agar dapat nomer kursi
  • Berangkat sesuai jadwal yang sudah gue sarankan di atas agar puas main lebih lama di Merak.
  • Bawa makanan dan minuman. Meskipun nggak boleh makan maupun minum di atas kereta, tapi lumayan untuk menghemat pengeluaran saat sudah tiba di tujuan.
  • Bawa baju ganti.
  • Selalu cek jadwal kereta di aplikasi agar nggak ketinggalan jadwal KRL yang kadang-kadang suka berubah jika ada gangguan.


merak beach hotel
merak beach hotel

Dengan durasi perjalanan yang selama itu, gue sudah harus kembali ke Stasiun Merak sebelum 18:30, karena jadwal keberangkatan KA Lokal untuk kembali ke Stasiun Rangkasbitung berangkat pukul 19:00. Tahu nggak gue sampai di Stasiun Bogor lagi jam berapa? Jam 00:36 gaessss!! Mantab, bukan? Alhamdulillah hampir saja nggak kebagian jadwal kereta terakhir.


Saran gue, kalau kalian berangkatnya kesiangan kayak gue, mending menginap sekalian. Kalau pun memang mau trip pulang pergi dalam sehari, sebaiknya berangkat lebih pagi saja.

 

spot sunset di merak


Semoga informasi ini berguna bagi kalian yang mau berwisata hemat ke pantai dengan naik KRL. Selamat berlibur!



wisata ke merak naik krl



0 Comments